Daun Seledri

Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Wikipedia

Nama ilmiahApium graveolens

Energi16,01 kalori

FamiliApiaceae

KerajaanPlantae

KelasMagnoliopsida

OrdoApiales

Manfaat Seledri bagi Kesehatan

1. Cocok untuk Penderita Diabetes

Manfaat daun seledri bagi kesehatan yang pertama ialah cocok untuk para penderita diabetes membantu mengatasi kadar gula darahnya. Ekstrak etil asetat daun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah.

Berbagai studi menunjukkan hasil bahwa konsumsi daun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah cukup tinggi, bisa mencapai 20 persen.

2. Mengatasi Kolesterol

Manfaat seledri bagi kesehatan selanjutnya, yakni mampu mengatasi kolesterol pada tubuh seseorang. Kandungan senyawa 3-n-butylphthalide pada seledri yang sangat tinggi.

Kandungan 3-n-butylphthalide mampu mengatasi kadar lemak yang ada dalam darah. Apabila Anda sering mengeluh akibat kolesterol yang tak kunjung turun, cobalah mulai konsumsi jus seledri, bisa dicampur wortel untuk meminimalisir aroma khasnya yang unik.

3. Turunkan Tekanan Darah

Manfaat seledri berikutnya memberi imbas positif dari n-butylphthalide untuk menurunkan tekanan darah. Melalui berbagai uji coba, konsumsi seledri mampu menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

4. Mengatasi Nyeri Sendi

Seledri memiliki aroma khas yang semerbak menguap, berasal dari kandungan minyak atsirinya yang tinggi, dikutip dari Hiller K dan Melzig MF, Die grobe Enzyklopaedie der Arzneipflanzen und Drogen. Elsevier Spektrum Verlag, Heidelberg.
Kandungan 3-n-butylphthalide juga ikut berperan bersama minyak atsiri untuk mengatasi nyeri sendi, gejala rematik, radang sendi, hingga asam urat. Karena seledri memiliki sifat antiinflamasi yang sangat tinggi.

5. Sumber Antioksidan

Manfaat seledri bagi kesehatan berikutnya sebagai sumber antioksidan yang baik. Tubuh manusia membutuhkan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, yang memicu bermacam penyakit. Antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C, flavonois, dan beta karoten.

6. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada seledri yang cukup tinggi, ternyata mampu menjadi antikanker alami yang baik untuk tubuh. Antioksidan akan menyerang dan mencegah masuknya radikal bebas. Radikal bebas ini termasuk faktor utama pemicu timbulnya penyakit kanker.

7. Lindungi Kesehatan Hati

Manfaat seledri bagi kesehatan selanjutnya ialah mampu melindungi kesehatan hati. Seledri mengandung ekstrak methanol yang mampu melindungi hati dari akibat paracetamol dan karbon tetra klorida, yang memiliki efek samping merusak hati.

Dari hasil penelitian konsumsi seledri mampu menurunkan ketidaknormalan pada kondisi hati, serta memperbaiki struktur jaringan hati.

8. Cocok untuk Program Diet

001 tantri setyorini

Seledri memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Anda bisa menambahkan jus seledri dalam menu makan sehat program diet dan sebagai pelengkap makanan sehari-hari.

Seledri juga termasuk makanan rendah kalori yang membuat Anda bisa makan banyak lebih santai. Kaya akan nutrisi sangat penting bagi tubuh untuk mengatur metabolisme lemak.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat seledri bagi kesehatan berikutnya termasuk luar biasa pula, yakni mampu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Karena seledri mengandung kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin K yang tinggi untuk memberikan efek positif bagi kesehatan, terutama jantung.

Kalsiumnya bertanggung jawab terhadap kontraksi otor jantung setiap berdetak. Kemudian magnesium dan kalium akan membuat otot jantung lebih rileks. Kalium berperan menjaga sistem kardiovaskular dan mengurangi cairan ekstra dalam tubuh.

Vitamin K dalam seledri mampu menjaga arteri dan vena yang membawa darah untuk dipompa, supaya dapat bekerja optimal. Berbagai mineral baik tersebut akan membantu Anda tercegah dari risiko serangan jantung atau stroke.

10. Menurunkan Stres

Manfaat seledri bagi kesehatan selain baik untuk fisik dan organ dalam, ternyata juga cocok menurunkan stress. Seledri baik untuk mental seseorang karena mengandung magnesium dan minyak esensial, yang membantu menenangkan diri. Makanlah sedikit seledri menjelang tidur untuk membaut tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

11. Meningkatkan Indra Mata

Konsumsi seledri juga sangat baik menjaga penglihatan seseorang, karena seledri tinggi akan vitamin A. Bila Anda makan seledri secara teratur, bisa membantu mencegah kerusakan penglihatan selama masa penuaan.

12. Garam Alami yang Sehat

Belum banyak diketahui bahwa seledri mengandung sodium atau garam yang jenisnya sehat bagi tubuh. Sehingga memakan seledri sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi, yang sedah mengurangi konsumsi garam.

13. Baik untuk Lambung

Manfaat seledri bagi kesehatan selanjutnya telah dibuktikan dalam beberapa penelitian mampu melindungi lapisan dalam lambung. Ekstrak etanol dari seledri membantu menekan produksi asam lambung, lalu melindungi lapisan lambung tadi.

Itulah beberapa manfaat daun seledri bagi kesehatan yang patut dicoba konsumsi secara teratur. Namun seledri berpotensi menimbulkan alergi pada sejumlah orang yang peka, salah satunya penderita radang ka’al tidak dianjurkan. Pastikan tubuh Anda nyaman dengan seledri dan mengonsumsinya secara teratur tanpa berlebihan. Semoga bermanfaat.

admin

God is My Power

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Apa yang bisa kami bantu?