Akar Wangi

Akar wangi atau narwastu adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal banyak orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, dan masih sekeluarga dengan serai atau padi. Wikipedia

Nama ilmiahChrysopogon zizanioides

FamiliPoaceae

KelasLiliopsida

Klasifikasi lebih tinggiChrysopogon

DivisiMagnoliophyta

OrdoPoales

Manfaat akar wangi untuk kesehatan.

  1. Pengharum Alami
    Seperti dengan namanya, manfaat dari akar wangi ini tidak jauh dari fungsinya yaitu sebagai bahan wewangian atau pengharum ruangan. Akar wangi akan menghasilkan minyak vetiveria atau minyak esensial yang sudah sejak lama digunakan dalam industri kosmetik seperti parfum, sabun, bedak dan lainnya. Aroma dari akar wangi ini mirip dengan aroma kayu cendana yang sudah banyak digunakan sebagai bahan parfum kelas tinggi.
     
  2. Mengatasi Rematik
    Penyakit rematik merupakan penyakit yang biasanya diderita oleh orang lanjut usia baik wanita maupun pria. Penyakit rematik sama halnya dengan penyakit asam urat dimana gejalanya adalah adanya rasa sakit yang amat terasa terutama di bagian persedian tulang. Untuk dapat membantu mengatasi penyakit rematik ini Anda dapat menggunakan tanaman akar wangi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggosok-gosokkan saja akar wangi pada bagian sendi yang sakit dan tunggu beberapa saat sampai rasa sakit mereda. Lakukan hal ini ketika rematik atau asam urat kambuh agar rasa sakit yang Anda alami tidak begitu menyiksa.
     
  3. Mengatasi Encok & Pegal Linu
    Rasa sakit karena encok dan pegal linu juga dapat Anda redakan dengan menggunakan akar wangi ini. Caranya pun sama dengan cara mengatasi rematik yaitu dengan menggosok-gosokkan akar wangi pada bagian tubuh yang terasa encok dan pegal linu. Kandungan alami yang ada di dalam akar wangi ini akan langsung masuk ke dalam tulang dan meredakan encok serta pegal linu yang anda rasakan.
     
  4. Menghilangkan Bau Mulut
    Untuk mengatasi masalah bau mulut, Anda juga dapat menggunakan ramuan dari akar wangi ini dan beberapa jenis tanaman herbal lainnya. Caranya adalah dengan membuat ramuan dari akar wangi, daun pegagan, daun sirih dan kapulaga untuk dijadikan sebagai obat kumur. Kumurlah secara rutin bahan-bahan tersebut setiap pagi dan malam hari atau saat anda merasa mulut anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Dengan menggunakan ramuan tersebut dijamin nafas Anda akan menjadi segar dan bau mulut menghilang serta tingkat kepercayaan diri Anda kembali seperti semula.
     
  5. Mengobati Luka
    Manfaat lainnya yang ada di dalam akar wangi bagi kesehatan adalah mampu mengobati luka luar karena pendarahan yang lebih cepat kering. Caranya adalah dengan menumbuk akar wangi sampai halus dan kemudian dibalurkan ke area luka. Kemudian jangan lupa ditutupi atau dibalut dengan menggunakan perban atau kain kasa supaya zat dari akar wangi yang berfungsi sebagai penyembuh luka menjadi cepat masuk ke dalam luka dan membunuh semua bakteri.

Mengatasi Bengkak
Selain mampu mengobati luka, manfaat lainnya dari akar wangi adalah dapat membantu mengatasi bengkak. Bengkak yang terjadi bisa karena dari luka itu sendiri atau karena tubuh sedang pegal hingga membuat tubuh bengkak. Cara yang digunakan pun Anda hanya tinggal menggosok-gosokan akar wangi pada bagian tubuh yang bengkak saja. terus ulangi sampai bengkak mereda dan Anda dapat mengulanginya lagi jika tubuh bengkak kembali.

admin

God is My Power

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Apa yang bisa kami bantu?